Thursday, November 18, 2010

Rahasia yang tak terungkap Sebuah film drama romantis dengan ide yang sederhana dan dibuat dengan penyajian yang menarik.

Film

The Reader
Sutradara: Stephen Daldry
Pemanin: Kate Winslet, Ralph Fiennes, david Kross, Alexandra Maria Lara, Lena Olin, Bruno Granz
Skenario: David Hare
Produksi: The Wienstein company (2008)

Rahasia yang tak terungkap
Sebuah film drama romantis dengan ide yang sederhana dan dibuat dengan penyajian yang     menarik.
        Kate Winslet dan David Kross

D
idalam perjalanan pulang sekolah Michael Berg (David Kross) mengalami jatuh sakit, tanpa disengaja Hanna Winslet (Kate Winslet) melihat dan langsung menolongnya. Pertemuan yang tidak direncanakan ini mengawali film ini. Setelah Michael Berg merasa cukup sehat ia kembali pulang namun ia datang lagi untuk mengucapakan terimakasih. Dari sini lah berawal kisah percintaan mereka yang tak wajar, karena usia Michael yang masih lima belas tahun, sedangkan usia Hanna telah mencapai kepala tiga. Dalam setiap percintaan yang mereka lakukan Hanna selalu meiminta Michael untuk membacakan sebuah buku karya sastra atau pun sebuah komik. Sampai pada suatu ketika Hanna pergi meninggalkannya tanpa pesan. Michael merasa patah hati, tetapi didalam hatinya masih ada rasa cinta yang mendalam untuk Hanna. Sampai pada akhirnya ia memutuskan untuk berkonsentrasi dengan pendidikannya disekolah hukum.
Delapan tahun berlalu namun Michael telah menikah dan menjadi pengacara. Suatu ketika ia mengalami kasus peradilan para penjahat perang (Nazi). Ketika itu ia bertemu lagi dengan Hanna yang sedang diadili akibat terlibat pembantaian tiga ratus orang dalam kamp tempat Hanna bekerja. Meski Hanna terancam hukuman yang berat tapi ia menolak membela diri dan sampai pada ahkhirnya Michael sadar akan suatu hal yang disembunyikan oleh Hanna rahasia besar yang tak mungkin diungkapkannya. Walaupun rahasia besar itu bisa saja membebaskan dia dari hukumannya. Tapi ia tetap menolak dan ia pun akhirnya dicebloskan kedalam penjara. Michael akhirnya mengerti rahasia yang disembunyikan oleh Hanna tersebut. Dan suatu ketika ia mengirimkan rekaman buku-buku yang pernah dibacanya kepada Hanna. Dari situlah Hanna akhirnya mulai belajar.
Film arahan sutradara Stephen Dardly ini adalah sebuah adaptasi dari novel karya Bernhard Schlink dengan judul yang sama. Film yang berjendre drama ini di sajikan dengan sangat baik dengan penyajian flash back dan tempo lamban cukup memanjakan mata. Yang menarik dari film ini adalah ketika Hanna tidak mau bersaksi agar bisa meringankan hukumannya, ia lebih memilih dipenjara dari pada harus mengakui bahwa sebenarnya ia tidak bisa membaca dan menulis. Meskipun akhir film ini tidak sesuai yang diharapkan oleh penonton, Hanna akhirnya bunuh diri karena Michael tidak mau menampungnya ketika ia keluar dari penjara dan ia berfikir Michael sudah tidak mencintainya lagi.
Film ini juga mendapat nominasi lima Academy Awars, termasuk aktris terbaik (Kate Winslet), Sutradara terbaik Stephen Daldry), dan skenario adaptasi terbaik (David Har, dari buku Bernhard Schlink. Selain itu, film ini untuk lima penghargaan BAFTA, dan telah memenangkan Kate Winslet penghargaan aktris pendukung terbaik dari Hollywood Foreign Press Association dan Actors Guild.
Film-film Stephen Daldry tampaknya bukan karya-karya yang bisa dinikmati dibioskop-bioskop komersial Indonesia-meski kita bisa saja berharap suatu hari-tetapi Anda wajib menyaksikan bagaimana ide yang sederhana mampu membuat film ini menjadi sebuah film yang menarik.

Ari lestari sinaga


No comments:

Post a Comment